Analisis Jurnal CSR
Judul Jurnal : Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Nilai Perusahaan
Sumber : http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/123456789/843/07
Edisi : Volume 7, Nomor
2, September 2008
Page : 174-183
Penulis Jurnal : Barbara Gunawan dan Suharti Sri Utami
Metode : Teknik Pengambilan Sampel dan Pengambilan Data
Kesimpulan :
Dengan
melakukan pembacaan dan melakukan penganalisisan dari kutipan jurnal diatas,
dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk pengaruh CSR terhadap
nilai perusahaan, selain itu juga menguji apakah persentase kepemilikan
manajemen dan tipe industri berperan sebagai variable moderating dalam hubungan
antara CSR dengan nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
model 2, variabel CSR, persentase kepemilikan manajemen, dan interaksi antara
CSR dengan persentase kepemilikan manajemen, secara simultan berpengaruh
terhadap nilai perusahaan. Sama halnya dengan model regresi 2, variabel CSR,
tipe industri dan interaksi antara CSR dengan tipe industri pada model regresi
3 juga mempunyai pengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Dan saya
juga setuju dengan paparan CSR ini bukti empiris berpengaruh positif terhadap
nilai perusahaan, penelitian ini mendukung hipotesis 1 yang menyatakan bahwa
CSR merupakan faktor yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya nilai perusahaan.
Untuk data penelitian atau data kuantitatif yang dikelmpokkan ke dalam data
sekunder yaitu data yang tidak dapat didapatkan langsung dari sumbernya data
diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di BEI Selain
mengumpulkan data dari laporan tahunan perusahaan yang digunakan untuk
menghitung indeks CSR, data juga didapatkan dari Indonesian Capital
MarketDirectory (ICMD) tahun 2006 dan 2007. Semakin banyak perusahaan
mengungkapkan item pengungkapan sosialnya dan semakin bagus kualitas
pengungkapannya, maka akan semakin tinggi nilai perusahaannya. Dari hasil
pengujian data juga ditemukan fakta bahwa persentase kepemilikan manajemen dan
tipe industri tidak berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara
CSR dengan nilai perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar